Entri Populer

Kamis, 13 Juni 2013

Maman, Kiai-nya Anak Jalanan

Liputan6.com, Majalengka: Maman Imanulhaq Faqieh, pengasuh Pondok Pesantren Al Mizan di Ciborelang, Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat, memiliki gaya ceramah yang unik. Bahasanya sederhana dan penuh humor. Kang maman juga dikenal lantaran upayanya merangkul anak jalanan untuk dijadikan santri. Caranya, dengan mengajak mereka bermain musik dan ilmu bela diri.
Apa yang dilakukan kiai muda kelahiran Sumedang tahun 1972 ini mungkin tampak sepele. Kendati demikian di sinilah justru kekuatan Maman untuk membawa anak jalanan mengenali kehidupan yang sesungguhnya. Berawal dari musik, Maman menjadikan mereka sosok yang memahami hidup dan agama.
Awalnya memang sulit. Namun perlahan tapi pasti, para pengguna narkotik dan obat-obatan berbahaya dan pecandu minuman keras tertarik mengikuti ajakan Maman. Tak hanya itu, mereka juga diajak mengikuti pendidikan formal di Pesantren beserta santri umum lainnya. Semuanya diberikan tanpa biaya sepeser pun alias gratis.
Para mantan anak jalanan ini juga diajari berkebun dan beternak. Mereka tak dipaksa mengikutinya. Dengan kesadaran sendiri, mereka menuruti perintah Maman. Cara ini membuat anak jalanan tertarik. Tidak ada paksaan. Tapi dengan sentuhan batin. Alhasil, mereka merasa dihargai sebagai manusia.
Berkat ketekunan Maman, para anak jalanan akhirnya mulai kembali menjadi sosok yang memiliki harapan. Setidaknya, hal ini terwujud lewat kiprah mereka dalam kelompok musik dan seni debus anak jalanan bernama Ki Buyut. Grup ini didirikan untuk santri mantan anak jalanan.
Maman mengaku menjadi kiai bukanlah sekadar mengajarkan ilmu atau berdakwah. Baginya, kiai adalah pribadi yang bisa memberi contoh konkret mengajak seseorang untuk mengenal Sang Khalik. Maman hanya berupaya agar manusia bisa menghargai manusia lain.
Menurut Maman, setiap manusia tetap memiliki harapan untuk meraih kehidupan yang lebih bermakna. Bagi Maman, semua manusia laik untuk dimanusiakan.(REN/Tim Liputan 6 SCTV)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review